Awas! Enam Kebiasaan Ini Memicu Sakit Punggung?



[ad_1]

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hampir semua orang pernah merasakan sakit punggung. Kondisi ini sebenarnya paling sering disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang membuat otot atau sendi jadi menegang dan stres. Bila Anda sering merasakan sakit punggung, Anda sebaiknya menghindari beberapa kebiasaan seperti berikut, dilansir dari Hello Sehat.

1. Duduk Membungkuk

Banyak orang duduk dengan posisi yang salah, contohnya duduk membungkuk. Jika Anda sering duduk dengan posisi ini, lekukan normal pada tulang belakang bisa berubah. Selain itu, piringan sendi di antara juga juga bisa rusak. Bila Anda membiarkan kebiasaan ini terus-menerus, risiko terkena penyakit arthritis (nyeri sendi) jadi lebih besar.

2. Makan Sembarangan

Tubuh memerlukan vitamin D, kalsium, fosfor setiap hari untuk membangun otot, tulang dan jaringan lunak yang kuat di sekitar punggung. Jika Anda tidak cermat dalam memilih makanan, apalagi sering makan makanan rendah mineral tapi tinggi gula, kesehatan tulang punggung bisa terancam.

3. Malas Gerak dan Jarang Olahraga

Anda lebih rentan mengalami sakit punggung jika malas bergerak dan jarang olahraga. Latihan penguatan otot perut yang gagal menyebabkan postur tubuh yang buruk dan meningkatkan nyeri punggung bagian bawah.

4. Merokok

Zat kimia pada rokok dapat menghambat aliran darah di tulang punggung. Selain itu, penyerapan kalsium di tubuh juga jadi terganggu. Akibatnya, proses pembentukan tulang baru jadi terhambat. Kondisi ini akan membuat tulang Anda jadi mudah rusak dan berisiko terkena osteoporosis lebih cepat.

5. Sering Bawa Barang Berat

Penyebab yang satu ini mirip seperti kelebihan berat badan. Jika Anda sering kali mengangkat barang yang cukup berat, Anda juga bisa sakit punggung. Tekanan secara berulang pada tulang punggung membuat otot mudah stres dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Apalagi jika posisi tubuh Anda saat mengangkat barang juga salah, cedera tulang punggung sangat mungkin terjadi.

6. Pakai High Heels

Pakai sepatu high heels dalam waktu yang lama juga bisa membuat Anda sakit punggung bagian bawah. Agar Anda terhindar dari sakit punggung, pastikan untuk membawa atau menyediakan flat shoes atau sandal. Ganti high heels Anda selama perjalanan pulang ke rumah, berangkat ke kantor, atau di sela-sela waktu istirahat. (*)



[ad_2]
Source link