Tips Ampuh Hilangkan Ketombe Secara Cepat dan Alami



[ad_1]

 ketombe 5 edit

ilustrasi rambut berketombe via womantalk.

 

Sumber.com – Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling sering dialami seseorang dan membuat tidak percaya diri. Pasalnya, kulit kepala menjadi gatal, bersisik, dan mengakibatkan rambut rontok. Beberapa penyebab utama ketombe adalah kulit kepala kering, kulit kepala infeksi karena jamur atau karena tidak cocok dengan produk perawatan rambut.

 

Meskipun ada banyak produk yang tersedia di pasar, namun tidak ada jaminan bahwa produk tersebut benar-benar akan menghilangkan ketombe. Tahukah kawan sumber, jika penggunaan bahan kimia justru dapat memperparah kerusakan rambut kamu. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mengatasi ketombe dengan cara yang alami.

 

Selain shampo buatan dan masker rambut, kita juga dapat mencuci rambut dengan bahan alami di rumah untuk menyingkirkan ketombe. Adapun bahan alami yang bisa dipakai seperti cuka apel, jus lemon dan air mawar.  Yuk, kita lihat bagaimana cara mengobati ketombe dengan membilas rambut secara alami.

 

Bahan-bahan yang digunakan:

 

– ½ cangkir air
– ½ cangkir air mawar
– 2 sdm cuka apel
– 2 sdm air jeruk lemon

 

Adapun cara membilas rambut yang benar yaitu: 

 

Siapkan sebuah botol yang bersih, lalu masukan air, kemudian tambahkan air mawar dan kocok atau aduk. Kemudian, lemon yang sudah disiapkan dipotong menjadi dua bagian dan perasan air lemon ke dalam botol. Tahap selanjutnya adalah menambahkan cuka apel ke dalam campuran tersebut. 

Pertama cucilah rambutmu seperti biasa dengan shampo dan conditioner, kemudian setelah dibilas campurkan bahan alami yang sudah diolah tadi ke rambut dan pijatlah secara perlahan kulit kepalamu dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari-jari kamu selama 3-5 menit. Kemudian diamkan 15-20 menit, setelah itu barulah bilas dengan air dingin. Agar hasilnya maksimal, kawan sumber sebaiknya menggunakannya seminggu sekali. 

 

Baca juga: Inilah 5 Selebriti Yang Memiliki Ritual Kesehatan Yang Aneh dan Tak Lazim

 

Jika kamu penasaran dengan manfaat dari bahan alami tersebut, berikut rinciannya yang sudah dirangkum tim sumber.com dari lansiran boldsky.com 

 

Air mawar

 

Selain mempunyai segudang manfaat, air mawar juga membantu menenangkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Tapi air mawar dinilai ampuh dalam menhilangkan ketombe dari kulit kepalamu. 

 

Air lemon

 

Sifat antijamur dari air lemon berfungsi mencegah infeksi kulit kepala. Hal ini juga membantu dalam menyeimbangkan pH kulit kepala dan menyembuhkan sel kulit mati. Lemon juga membantu dalam menenangkan kulit kepala dengan menyembuhkan iritasi atau infeksi pada kulit kepala. 

 

Cuka apel

 

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu dalam mengobati ketombe dan infeksi kulit kepala. Cuka apel juga membersihkan kulit kepala dan menghilangkan semua kotoran pada kulit kepala yang sering menyebabkan ketombe. Hal ini juga membantu dalam menyeimbangkan produksi minyak kulit kepalamu.

 

Gimana kawan sumber, berminat untuk mencobanya di rumah? 



[ad_2]
Source link